Sementara air suhu kamar tidak memiliki manfaat yang dicatat secara ilmiah, air hangat tampaknya lebih menarik dengan budaya lain. “Seperti yang Anda duga, ada sedikit penelitian ilmiah tentang manfaat minum air hangat, meskipun itu dianjurkan di banyak budaya,” Amy Shah, MD, seorang dokter dan anggota Kolektif mbg yang dilatih di Columbia dan Harvard sebelumnya berbagi dengan mindbodygreen. “Satu-satunya hal yang benar-benar masuk akal secara ilmiah adalah bahwa dengan minum air dingin, Anda menyempitkan pembuluh darah Anda dan mungkin tidak memiliki penyerapan yang baik, sedangkan ketika Anda minum air hangat, pembuluh darah Anda lebih melebar.”

Yang mengatakan, seperti dicatat, praktik tradisional seperti Ayurveda menyarankan lebih bermanfaat untuk minum air pada suhu yang lebih hangat. Secara khusus, “Hal pertama di pagi hari adalah waktu yang paling penting untuk minum sesuatu yang hangat,” pakar dan penulis Ayurveda Sahara Rose sebelumnya berbagi di podcast mindbodygreen. “Pada dasarnya Anda membangunkan kembali sistem pencernaan Anda,” tambahnya.

Ayurveda sering membahas menciptakan panas dalam pencernaan Anda, dan dalam minum air dingin keyakinannya adalah bahwa Anda akan meniadakan efek ini. “Minum minuman dingin atau es dapat dengan mudah memadamkan api pencernaan Anda. Anda lebih baik minum di suatu tempat antara suhu kamar dan panas,” dokter chiropractics, Sarah Kucera, DC menjelaskan sebelumnya. “Minuman dingin juga bisa dijamin, seperti di musim panas atau ketika Anda merasa terlalu hangat. Namun, konsumsilah secara sadar dengan memastikan tidak dengan makanan atau setidaknya satu atau dua jam di antara waktu makan. Dengan cara ini, Anda bisa mendingin tanpa terlalu merusak pencernaanmu.”

Menurut pengobatan Barat, dalam hal pencernaan, suhu air Anda tidak sepenuhnya penting bagi kebanyakan orang. “[However]untuk orang dengan kondisi yang disebut akalasia, itu penting,” jelas ahli diet terdaftar Frances Largeman-Roth, RDN, ahli nutrisi dan penulis Smoothie & Jus. “Akalasia adalah suatu kondisi di mana kerongkongan tidak dapat dengan mudah memindahkan makanan dan cairan ke perut karena sfingter esofagus bagian bawah (LES), yang menghubungkan kerongkongan dengan lambung, tidak terbuka.”

Hanya sekitar satu dari 100.000 orang di AS yang memiliki kondisi ini, tetapi Largeman-Roth menjelaskan bahwa minum air hangat atau air bersuhu ruangan dapat membantu sfingter esofagus bagian bawah rileks, sementara air dingin memperburuk kondisi.

Selain itu, jika Anda rentan terhadap migrain, Anda mungkin ingin memperhatikan suhu air. Satu studi yang diterbitkan di Jurnal Neurogastroenterologi dan Motilitas menghubungkan konsumsi air dingin sebagai pemicu sakit kepala, dan wanita yang mengalami satu atau lebih migrain pada tahun lalu dua kali lebih mungkin mengalami migrain dengan air dingin. Namun, ini hanya satu studi dari tahun 2001, dan asosiasi ini belum banyak dipelajari sejak itu. Apa yang mungkin lebih penting untuk dicatat adalah bukti bahwa dehidrasi terkait erat dengan frekuensi dan tingkat keparahan migrain dan sakit kepala.