Healthy Move : Hubungan antara olahraga dan tidur telah dilakukan secara ekstensif selama bertahun-tahun.

Studi sebelumnya telah mencatat bahwa olahraga yang tepat dapat meringankan masalah yang berhubungan dengan tidur dan membantu kita mendapatkan jumlah istirahat yang cukup.

Penelitian terbaru juga menunjukkan tidur yang tidak cukup atau berkualitas buruk dapat menyebabkan tingkat aktivitas fisik yang lebih rendah pada hari berikutnya.

Untuk alasan ini, para ahli saat ini percaya tidur dan olahraga memiliki hubungan dua arah. Dengan kata lain, mengoptimalkan rutinitas olahraga kita mungkin membantu kita tidur lebih nyenyak dan mendapatkan jumlah tidur yang cukup untuk meningkatkan tingkat aktivitas fisik yang lebih sehat di siang hari.

Ada banyak manfaat dengan berolahraga secara teratur. Ini termasuk risiko penyakit yang lebih rendah seperti kanker dan diabetes, peningkatan fungsi fisik, dan kualitas hidup yang lebih tinggi.

Berolahraga juga dapat menguntungkan kelompok tertentu. Misalnya, wanita hamil yang melakukan aktivitas fisik rutin cenderung tidak mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan atau mengalami depresi pascapersalinan, dan orang lanjut usia yang berolahraga memiliki risiko cedera yang lebih rendah saat jatuh.

Berolahraga juga meningkatkan kualitas tidur bagi banyak orang. Secara khusus, olahraga sedang hingga berat dapat meningkatkan kualitas tidur untuk orang dewasa dengan mengurangi onset tidur.

Atau waktu yang dibutuhkan untuk membunuh, dan mengurangi jumlah waktu mereka masalah di tempat tidur pada malam hari.

Selain itu, aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kantuk di siang hari, bagi sebagian orang, mengurangi kebutuhan akan obat tidur.

Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur secara tidak langsung. Misalnya, aktivitas fisik sedang hingga berat dapat mengurangi peningkatan berat badan yang berlebihan, yang membuat orang tersebut cenderung tidak mengalami gejala apnea tidur obstruktif (OSA/obstructive sleep apnea ). Sekitar 60% dari kasus OSA sedang sampai berat telah sibuk dengan obesitas.

Sejumlah survei telah mengeksplorasi kebiasaan tidur dan olahraga di kalangan orang dewasa. Ini termasuk pendapat Sleep in America 2003 National Sleep Foundation, yang mensurvei orang dewasa berusia antara 55 dan 84 tahun.

Di antara responden survei itu, sekitar 52% mengatakan mereka berolahraga tiga kali atau lebih per minggu dan 24% mengatakan mereka berolahraga kurang dari sekali seminggu.

Responden dalam kelompok terakhir lebih cenderung tidur kurang dari enam jam per malam, mengalami kualitas tidur yang baik atau buruk, kesulitan untuk jatuh dan tetap tertidur, dan menerima diagnosis gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, atau sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome).

Jajak pendapat Sleep in America 2013, yang mensurvei orang dewasa berusia antara 23 dan 60 tahun dan berfokus pada “Olahraga dan Tidur,” menghasilkan hasil yang serupa.

Sekitar 76-83% responden yang melakukan olahraga ringan, sedang, atau berat melaporkan kualitas tidur yang sangat baik atau cukup baik.

Bagi mereka yang tidak berolahraga, angka ini turun menjadi 56%. Orang yang berolahraga juga lebih mungkin untuk mendapatkan lebih banyak tidur daripada yang dibutuhkan selama minggu kerja.

Studi dan survei serupa telah berfokus pada efek olahraga untuk subjek dalam kelompok demografis lainnya.

Satu studi memprofilkan mahasiswa selama masa ujian mereka4 dan menemukan bahwa olahraga dan aktivitas fisik dapat mengurangi stres terkait ujian.

Studi lain mencatat bahwa tidur dan olahraga “berhubungan secara dinamis” untuk lansia yang tinggal di komunitas.

Selain itu, penelitian ketiga menemukan bahwa olahraga aerobik yang teratur dan sebagian besar mengurangi gejala pada orang dengan OSA, bahkan jika mereka tidak kehilangan berat badan dalam prosesnya.

Dibandingkan dengan olahraga, pekerjaan yang melibatkan pekerjaan manual mungkin tidak memberikan kelegaan yang sama untuk masalah tidur.

Salah satu sering adalah bahwa banyak pekerjaan yang melelahkan menyebabkan nyeri dan nyeri muskuloskeletal yang dapat berdampak negatif pada tidur.

Selain itu, tenaga kerja manual yang melibatkan jam kerja yang panjang dapat meningkatkan risiko karyawan untuk stres dan kelelahan.

Dalam kasus di mana pekerjaan manual atau olahraga berat berdampak negatif pada kualitas tidur, mungkin bermanfaat untuk menemukan kasur terbaik untuk preferensi tidur dan tipe tubuh untuk membantu mengurangi rasa sakit atau mendorong pemulihan.

Pertanyaan apakah olahraga di jam-jam sebelum tidur berkontribusi pada kualitas tidur buruk yang telah diperdebatkan selama bertahun-tahun.

Falsafag tidur tradisional menyatakan bahwa olahraga intensif selama tiga jam tidur sebelum tidur dapat berdampak negatif pada tidur karena dapat meningkatkan detak jantung, suhu tubuh, dan tingkat adrenalin.

Di sisi lain, beberapa penelitian telah mencatat berolahraga sebelum tidur mungkin tidak menghasilkan efek negatif.