Dalam uji klinis yang ketat yang diterbitkan di Mikrobiomapeneliti dari Duke University menilai mikroba usus dan metabolit postbiotik kunci (terutama asam lemak rantai pendek butirat) orang dewasa sehat yang mengonsumsi tiga jenis suplemen serat prebiotik (9 gram inulin, 9 gram dekstrin, atau 3,6 gram serat). galactooligosaccharides) di tiga, periode selama seminggu.

Dalam desain penelitian yang ketat ini (alias acak, tiga arah, cross-over), setiap peserta berperan sebagai kelompok “kontrol” mereka sendiri. Mereka memasukkan setiap suplemen serat ke dalam makanan mereka, dibagi menjadi dua dosis harian, selama lima hari. Kemudian mereka “dicuci” (yaitu, tidak ada suplemen serat) selama seminggu sebelum beralih ke intervensi serat berikutnya yang diberikan secara acak. Dengan cara itu, setiap orang dalam penelitian ini mengalami ketiga jenis serat untuk perbandingan berdampingan yang sebenarnya.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada orang yang mengikuti penelitian dengan mengkonsumsi serat paling sedikit, kesehatan usus mereka menunjukkan manfaat paling nyata dari suplementasi karbohidrat kompleks ini. Sebaliknya, mereka yang sudah mengonsumsi banyak serat mengalami perubahan yang kurang signifikan di dalam usus.

Temuan ini baru karena pada mereka yang awalnya mengonsumsi serat paling sedikit, tidak terlalu penting jenis serat apa yang ada dalam suplemen mereka—lebih penting bahwa mereka mendapatkan lebih banyak nutrisi fungsional ini.

Pada dasarnya, usus Anda sebagian besar akan mendapat manfaat dari suplemen serat jika Anda tidak mendapatkan cukup untuk memulai, tetapi seberapa responsif Anda dipersonalisasi dan dapat diprediksi oleh diet Anda dan konsentrasi dasar asam lemak rantai pendek (SCFA) di bangku Anda. Ini diproduksi oleh bakteri menguntungkan di usus dan memiliki peran suportif dan protektif untuk kesehatan dan fungsi gastrointestinal.

Intinya? Berapa banyak serat yang Anda konsumsi saat ini dan kualitas keseluruhan diet Anda atau garis dasar kesehatan Anda akan menentukan seberapa efektif mengonsumsi suplemen serat. Karena itu, jika Anda sudah mengonsumsi makanan yang dipenuhi dengan tingkat serat yang direkomendasikan setiap hari, teruslah bekerja dengan baik (karena Anda termasuk minoritas serat!).